Sinau SLiMS Jabodetabek Bulan Juli 2013

Komunitas kembali mengadakan Sinau SLiMS pada Hari Sabtu, tanggal 6 Juli 2013 untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Tuan rumah Sinau SLiMS kali ini adalah UPN Veteran Jakarta. Acara ini dihadiri oleh 10 orang Sahabat komunitas. Tema yang di bahas pada acara ini adalah UCS dan nayanes. Apa itu UCS dan Nayanes?

UCS merupakan salah satu produk dari Senayan Developer Community (SDC) selain SLiMS atau Senayan. UCS sendiri merupakan akronim dari Union Catalog Server. Menurut SDC, UCS adalah "a one-stop-bibliographies-repository for SLiMS users. They can share their information inside their library with other SLiMS users who have the same field of interests or idealism to build a greater service for people to harvest knowledge from what they have." Penjelasan mudahnya, secara bahasa UCS dapat diartikan sebagai Server Katalog Induk/Bersama. UCS memungkinkan perpustakaan-perpustakaan pengguna SLiMS menggabungkan data bibliografi koleksi mereka ke dalam satu repositori. Dengan demikian, query yang dimasukkan ke UCS akan menghasilkan data-data bibliografi dari beberapa perpustakaan yang tergabung dalam UCS.

Lalu, apa manfaat dari UCS? Bagi pemustaka, UCS membantu pencarian mereka lebih efisien karena mereka tidak perlu menghafalkan URL katalog-katalog perpustakaan dan mencari koleksi perpustakaan yang dibutuhkan di masing-masing URL katalog perpustakaan tersebut. Pemustaka cukup mengetahui URL dari UCS lalu mencari koleksi yang dibutuhkannya. Query hanya perlu dimasukkan di URL UCS tersebut lalu data pencarian koleksi yang cocok (match) dari beberapa perpustakaan yang tergabung dalam UCS akan ditampilkan. Untuk perpustakaan, UCS dapat bermanfaat sebagai back up data bibliografi perpustakaan mereka. Selain itu, perpustakaan juga dapat lebih mudah untuk melakukan copy catalog melalui UCS. Yang berikutnya, UCS dapat dimanfaatkan sebagai tools oleh jejaring perpustakaan. Misalnya, sebagai tools untuk mengadakan kerjasama pinjam silang antar perpustakaan.

Lalu apa itu Nayanes? Secara pembentukan kata, Nayanes merupakan kebalikan dari kata Senayan (Sebutan awal dari SLiMS/Senayan Library Management System). Nayanes merupakan produk ketiga dari SDC yang berupa mesin pencarian federated search. Berikut ini definisi Nayanes dari SDC, "Nayanes is federated search engine for SLiMS. It fetch bibliographic records from SLiMS MODS XML web service. Developed using pure PHP 5 scripting language and PHP's XML libraries without any database connection. The interface are built using HTML5, CSS3 and also fabulous jQuery and Twitter's Bootstrap framework. "

Sekilas, fungsi antara UCS dan Nayanes hampir sama, yaitu sama-sama menyediakan data bibliografi dalam satu pintu. Lalu apa perbendaannya? Menurut Sanak dari Komunitas SLiMS Pekanbaru "Tapi bedanya UCS itu agak sdikit ribet, dimana masing-masing perpustakaan harus mengirim data katalognya ke server UCS. Dan server UCS pun meregistrasi terlebih dahulu perpustakaan-perpustakaan yang akan bergabung ke server UCS. Nah kalau Nayanes, ngga seribet itu. Mereka yang ditugasin buat mengelola Nayanes, cukup memasukkan setiap alamat URL katalog online perpustakaan di konfigurasi Nayanes. Setelah itu, baru Nayanes dapat digunakan sebagai mesin pencarian ke berbagai katalog online perpustakaan."

Dari penjelasan tersebut perbedaan antara UCS dan Nayanes yang disoroti oleh Komunitas SLiMS Pekanbaru lebih kepada persoalan teknis cara kerjanya. Pendapat lainnya datang dari kawan kita di Komunitas SLiMS Padang yaitu Doni. Menurut Doni (2014), perbedaan antara UCS dan Nayanes adalah sebagai berikut "Sebagai kesimpulan sebenarnya UCS dan Nayanes diciptakan beda fungsi yang mana UCS untuk katalog bersama dan Nayanaes untuk mesin pencari akan tetapi pada keadaan tertentu Nayanes mampu menggantikan pekerjaan UCS, untuk penggunaan sekali lagi penulis kembalikan kepada teman-teman yang ingin menggunakannya." Secara sederhana, saya tampilkan tabel perbedaan antara UCS dan Nayanes sebagai berikut:

Perbedaan UCS Nayanes
Fungsi Katalog Induk Mesin pencarian federated search
Perolehan data bibliografi Node mengirim data bibliografi ke UCS Nayanes menjaring data bibliografi dari layanan web MODS XML
  Data bibliografi dari node di copy ke Server UCS Data bibliografi yang terjaring tidak di copy Nayanes, hanya ditampilkan
Kebutuhan koneksi Hanya memerlukan koneksi internet ketika node akan mengirimkan data bibliografi ke server UCS Selalu terkonek dengan Internet dan MODS XML diaktifkan
Koneksi ke database Ya Tidak
     

Masih bingung? Bagus! Kalau begitu langsung saja kita lihat beberapa Katalog Induk Bersama yang dibangun dengan menggunakan UCS di link berikut ini: Klik disini. Dari link tersebut, Kita dapat melihat bahwa contoh Katalog Induk Bersama yang menggunakan UCS misalnya jogjalib.net, primurlib.net, jatimlib.net, SIT Nurul Fikri, dan katalog induk NGO. Jogjalib.net adalah Katalog Induk Bersama pertama yang menggunakan UCS. Jogjalib.net dibangun oleh kawan-kawan Komunitas SLiMS Yogyakarta dengan dana swadaya. Untuk implementasi Nayanes, Anda dapat melihatnya di http://nayanes.slims.web.id/ Silahkan dicoba-coba dan bandingkan. Apabila ada masukkan silahkan berikan komentar dibawah ini. -Dangko-

Referensi