Sejarah Komunitas SLiMS Jakarta

Komunitas SLiMS Jakarta pertama kali terbentuk pada tanggal 21 November 2010. Hal ini diawali dari pembentukan Grup Facebook Komunitas SLiMS Jakarta lalu ditandai dengan berkumpulnya pengguna SLiMS, mahasiswa, dan Senayan Developer Community (SDC) dari daerah Jakarta dan Sekitarnya. Acara ini bertajuk "Temu komunitas SLiMS Jakarta". Dalam acara yang berlangsung pada tanggal 21 November 2010 di Museum Nasional (Monas) inilah Komunitas SLiMS Jakarta di Launching. Kepengurusan awal komunitas ini dikomandoi oleh Ikhsan Dwitama Putra (Mahasiswa JIP UI 2009).

Setelah cukup lama vacuum, Komunitas SLiMS Jakarta kembali berkumpul pada tanggal 15 Januari 2012 di Perpustakaan Baru Universitas Indonesia (Crystal of Knowledge). Boleh dikatakan pertemuan ini sebagai salah satu pertemuan dengan peserta terbanyak yang dihadiri Komunitas SLiMS Jakarta. Pertemuan ini merupakan inisiatif dari Senayan Developer Community yang menginginkan Komunitas SLiMS Jakarta dapat mengadakan belajar tentang perpustakaan dan SLiMS secara berkelanjutan. Acara tersebut terinspirasi oleh Komunitas SLiMS Yogyakarta dan dikenal dengan acara Sinau SLiMS. Dalam kesempatan tersebut, dibentuk pula Kepengurusan Jilid 2. Doni Alfiantoro (JIP UIN 2008) dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terpilih menjadi Ketua dan Wahyu Adityo (Demang JIP UI 2008) dari Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia terpilih sebagai wakilnya.

Komunikasi yang kurang berjalan dengan baik dari pengurus membuat komunitas ini berjalan autopilot. Komunitas SLiMS Jakarta mengadakan beberapa kali Sinau SLiMS dengan inisiatif anggota sendiri tanpa kehadiran pengurus. Sinau SLiMS tersebut terlaksana berkat andil dari salah satu aktifis Komunitas SLiMS Jakarta, Azwar Muin. Setelah Hari Raya Lebaran, dirancanglah Sinau SLiMS untuk tanggal 25 November 2012 di rumah salah satu anggota Komunitas SLiMS Jakarta yaitu Santhi Pertiwi (Mbak Antiek). Pada Sinau SLiMS bulan November 2012 inilah Komunitas SLiMS Jakarta menggunakan nama Komunitas SLiMS Jabodetabek dan memilih Danang D. Kangko sebagai ketua/koordinator komunitas. Kepengurusan Jilid 3 ini juga berisikan Deni Eryanto sebagai wakil ketua, Faiza Muyassaroh sebagai Sekretaris, dan Andanasari Sari sebagai Bendahara. Pak Azwar Muin dan Mas Arif Syamsuddin akan siap membimbing sebagai penasihat dalam kepengurusan ini. Kepengurusan ini mengalami beberapa kali perubahan dengan bertambahnya dan berkurangnya pengurus yang disebabkan karena perpindahan domisili.

Tertanggal 21 November 2014, Komunitas SLiMS Jabodetabek kembali menggunakan nama Komunitas SLiMS Jakarta. Hal ini dikarenakan kurang tersentuhnya daerah sekitar Jakarta oleh kegiatan komunitas, terutama Bekasi dan Tangerang. Dengan penggunaan nama Jakarta, bukan berarti kami menutup kemungkinan untuk mengadakan kegiatan Komunitas SLiMS di daerah sekitar Jakarta. Hal ini senada dengan Tujuan awal berdirinya Komunitas SLiMS Jakarta bahwa "Group ini dibuat untuk anda yang ingin tahu, ingin belajar, ingin berbagi ilmu pengetahuan, ingin berbagi ide, ingin berbagi “masalah” untuk mencari solusi bersama terkait dengan Software SLiMS (Senayan Library Management System) khususnya diwilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK)." (Suseno, 2010). Kami juga berharap akan munculnya gerakan-kerakan dari pengguna SLiMS di daerah BoDeTaBek untuk mengadakan Sinau SLiMS di daerah masing-masing dan Komunitas SLiMS Jakarta akan selalu bersedia membantu untuk dapat berbagi pengetahuan.

 

Referensi:

Suseno, Ari. 2010. "Launching dan Temu Bareng Komunitas SLiMS Jakarta". http://duniaperpustakaan.com/launching-dan-temu-bareng-komunitas-slims-j... (diakses pada 6 november 2014).