Sinau SLiMS Jakarta Bulan Februari 2015

Hallo Sahabat SLiMS!!!

21 Februari 2015 kemarin, Komunitas SLiMS Jakarta telah mengadakan Sinau lagi lho... Kali ini, Sinau SLiMS bersama Komunitas SLiMS Jakarta diadakan di Perpustakaan Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) Gedung A Lantai 1 dan Mezanin Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Indonesia,10270. Untuk yang masih belum tahu sejarah SLiMS, tempat ini adalah awal mula aplikasi SLiMS dikembangkan.

"Menurut Hendro Wicaksono dan Arie Nugraha, anggota tim pengembang Senayan, program manajemen perpustakaan ini pertama kali dikembangkan pada November 2006. Waktu itu, para pengelola Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta tengah kebingungan karena program manajemen perpustakaan Alice habis masa pakainya. Alice adalah perangkat lunak bikinan Softlink sumbangan Pusat Kebudayaan Inggris, British Council." (Wikipedia)

Kemudian diusulkanlah rencana pengembangan software baru sebagai pengganti Alice ke Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat. ”Karena awalnya dikembangkan dengan uang negara, harus bisa diperoleh secara bebas oleh masyarakat” kata Hendro. Nama awal aplikasi ini adalah Senayan. Hal ini dikarenakan pada waktu itu Wien Muldian sebagai Kepala Perpustakaan sedang mem-branding Perpustakaan Kemdikbud dengan "Library @Senayan". Branding ini coba dibentuk karena memang lokasi Perpustakaan Kemdikbud ada di daerah sekitaran Senayan. Baru setelah tahun 2009 nama Senayan berubah menjadi SLiMS (Senayan Library Management System). Jadi, kegiatan Sinau SLiMS Komunitas Jakarta kemarin seperti kegiatan pulang kampung untuk SLiMS itu sendiri karena diadakan ditempat kelahiran SLiMS.

Topik yang dibahas pada kegiatan Sinau kemarin ada dua yang dilakukan di dua kelas terpisah. Kelas pemula membahas mengenai "Installasi aplikasi perpustakaan SLiMS dan Modul System" yang dipandu oleh Pak Mustakin sebagai Tutor. Kelas lanjutan membahas mengenai "SMS Gateway pada aplikasi SLiMS" yang dipandu oleh Danang sebagai Tutor dan dibantu oleh salah satu anggota Senayan Developer Community yang bekerja di Perpustakaan Kemdikbud yaitu Mas Ridho Rasyid.

Peserta yang hadir ada sebanyak 23 orang dari daerah Jakarta dan sekitarnya. Sepuluh orang Sinau di kelas pemula dan 13 orang Sinau di kelas lanjutan. Mereka adalah Intan Permata Sari, M. Adhi Priyogo, M. Najiyudin, Triawan, Wikan Kertanjali, Ashari, Dodi Kusumo Adi, Junita Muslimardiani, Rizky Ajeng Nalaratri, Ahmad Jauzi, Aldias Satriavi, Ibnu Fatkhan, Nastain, Lilis Wahyuningsih, Sri Murniasih, Riana Ekawati, Dhomdhom Hudai Akbar, Nurul Chotimah Handayani, Dede Nurhalimah, Tazqiyah, Citra Noviyani, Deni Malik, Nidaul Haq. Acara berlangsung dengan santai dan penuh nuansa kebersamaan.

Kegiatan Sinau ini memang diadakan rutin oleh Komunitas SLiMS Jakarta sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan dan pendapat mengenai Free Open Source Software SLiMS dan dunia kepustakawanan secara umum. Komunitas SLiMS Jakarta sangat berterima kasih kepada pihak Perpustakaan Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) yang bersedia menyediakan fasilitas untuk kegiatan komunitas dan masyarakat umum. Kami mendoakan untuk kesuksesan Perpustakaan Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan semoga pustakawan beserta seluruh personil Perpustakaan Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) mendapatkan berkah dari Allah Subhanahuwata'alla. - dangko

Referensi:

___.2014. "Senayan(Perangkat lunak)". http://id.wikipedia.org/wiki/Senayan_%28perangkat_lunak%29 (Diakses pada 6 April 2015)