Workshop Online-in SLiMS dan Silaturahim Perdana Komunitas SLiMS Banten

Tanggal 1 November 2014 menjadi hari yang spesial untuk Komunitas SLiMS Jabodetabek. Pada hari tersebut, Komunitas SLiMS Jabodetabek mengadakan workshop seputar permasalahan meng-online-kan SLiMS dan Silaturahim Perdana dari Komunitas SLiMS Banten. Acara ini berlangsung di FISIP Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Jalan Mayjen Sutoyo No.2, Sukarasa, Kota Tangerang. Kami sangat merasa bahagia karena Dekan Fisip UMT bersedia memberikan dukungan dan membuka acara serta memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Acara workshop dibawakan oleh Waris Agung Widodo atau yang biasa dikenal dengan panggilan Ido Alit dari Komunitas SLiMS Jabodetabek. Permasalahan yang dibahas dalam workshop yaitu mulai dari bagaimana cara meng-online-kan SLiMS hingga tips dan trik yang bermanfaat apabila perpustakaan meng-online-kan aplikasi SLiMS mereka. Para peserta diberikan penjelasan dan praktik mengenai meng-online-kan aplikasi SLiMS serta dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Pada sesi terakhir, Dwi Fajar Saputra (Dudu) mempresentasikan mengenai Komunitas SLiMS Banten. Sejak 2013, Komunitas SLiMS Jabodetabek memang memiliki wacana untuk membagi wilayah koordinasi Komunitas SLiMS Jabodetabek berdasarkan masing-masing daerah (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Hal ini dirasakan perlu karena kurang tersentuhnya wilayah Tangerang dan Bekasi oleh kegiatan-kegiatan Komunitas SLiMS Jabodetabek. Komunitas SLiMS Jabodetabek pada saat itu dijadikan sebagai wadah belajar berorganisasi oleh para pengurus. Pada pertengahan tahun 2014, pengurus Komunitas SLiMS Jabodetabek berkumpul di Masjid Istiqlal Jakarta untuk membicarakan permasalahan ini. Dari para pengurus yang tinggal di sekitaran wilayah Jakarta, hanya Dudu yang menyatakan siap dan bersedia untuk membentuk komunitas SLiMS di wilayah Tangerang bahkan juga Banten pada saat itu.

Acara ini menjadi acara yang dirancang sebagai Silaturahim Perdana Komunitas SLiMS Banten yang dikomandoi oleh Dudu. Bagi para pengguna SLiMS di wilayah Banten dapat menghubungi Dudu untuk bergabung dan mengadakan kegiatan komunitas seperti Sinau SLiMS. Komunitas SLiMS Jabodetabek sangat senang dapat berperan dalam terbentuknya Komunitas SLiMS Banten. Semoga Komunitas SLiMS di seluruh Indonesia dapat berperan membantu perpustakaan-perpustakaan terutama dalam hal otomatisasi perpustakaan dan pengembangan kemampuan teknologi informasi para pustakawannya. -dangko-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *