Kegiatan Sinau Akhir Tahun 2021 Modifikasi Membercard dan Label QR code bersama Jakarta SLiMS Community

Kegiatan Sinau SLiMS kembali diadakan pada tanggal 18 Desember 2021. Tema Sinau kali ini adalah Modifikasi Membercard dan Label QR Code. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari ketua Komunitas SLiMS Jakarta yaitu Andrian Prayudho. Selain sambutan, ada juga promosi dari Hasan Digital selaku partner sponsor yaitu berupa voucher diskon hosting sebesar 35%, cukup dengan menggunakan kode SLIMSHD35. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pembacaan CV pembicara oleh moderator kegiatan hari ini, Nisa Yuliawati.

Pembicara tema Sinau kali ini adalah Deansa Nabhan Anwar dari Komunitas SLiMS Jakarta. Tema pertama yang akan diberikan adalah modifikasi membercard. Sebelum memulai untuk modifikasi membercard, perlu dilakukan download source code melalui link yang telah diberikan sebelumnya yaitu di https://github.com/drajathasan/classic-qr

Kemudian, download terlebih dahulu plugin di link yang sudah tertera. Hasil download diletakkan di folder htdocs > Bulian > files > membercard > kemudian ekstract here (ekstrak di sini) > ganti nama folder tersebut.

Setelah mendownload source code classic qr dan diletakkan di dalam folder, langkah selanjutnya masuk ke sistem SLiMS Bulian 9 sebagai admin. Selanjutnya, klik pada menu membership dan melanjutkan untuk cetak kartu anggota. Sebelum proses cetak kartu anggota, akan ada tampilan kartu versi klasik, versi klasik qr dan versi old.

Pada tampilan kartu yang hendak dipilih yaitu Klasik qr, klik aktivasi > kustomisasi untuk dapat memodifikasi teks, lebar kartu, tinggi, peraturan, warna font, warna depan kartu, warna belakang kartu, kota, judul/jabatan, nomor ID dan gambar sisi belakang. Setelah selesai dimodifikasi> klik simpan dan cetak kartu anggota.

Berikut ini tampilan kartu yang telah dimodifikasi dan siap untuk dicetak. Jika discan, maka tampilan QR Code tersebut berisi ID anggota.

Tema selanjutnya adalah pemasangan Label QR Code pada SLiMS Bulian 9. Sebelumnya, dapat mendownload source code untuk Label QR Code melalui link https://github.com/drajathasan/label_mixcode_color_slims . Setelah didownload > copy ke dalam folder htdocs > plugins > paste > extract here (ekstrak di sini) > hapus master filenya dan rename file copynya.

Setelah itu, masuk ke dalam sistem SLiMS Bulian 9 sebagai admin dan aktivasi plugins di menu sistem > sub menu plugins. Aktivasi plugins di bagian enable/disable dari plugins yang ingin diaktifkan.

Kemudian, setelah aktivasi plugins, dapat langsung menuju ke menu bibliografi > cetak barkode dilabel mixcode color > kemudian ubah setelan cetak barcode > ubah tipe pola tersedia yaitu pilihan QR Code atau barcode > simpan data

Barcode atau QR Code dapat diubah letak maupun warnanya. Jika ingin berwarna, dapat menggunakan warna yang lebih terang agar terlihat judul koleksi di labelnya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan menambahkan ke dalam antrian > cetak barcode. Warna yang telah dipilih akan terlihat sebelum proses cetak barcode.

SESI TANYA JAWAB

Tanya: Bagaimana mengganti background pada kartu anggota?

Jawab: background dapat diganti dengan image > background page > pilih gambar atau tanda tangan dengan format PNG. Bisa juga dengan CTRL + F5 > masuk ke menu membercard kembali atau klik kanan pada gambar yang akan dipilih > buka gambar di tab baru (open image in new tab) > tekan F5 sampai berubah.

Tanya: Bagaimana jika tema tidak bisa berubah?

Jawab: Bisa direname dulu setelah diekstrak di foldernya

Tanya: Bagaimana jika barcode belum muncul setelah aktivasi dan kustomisasi?

Jawab: Pertama melihat versi SLiMS Bulian 9 terlebih dahulu di menu sistem > lingkungan sistem > versi Bulian. Kemudian, jika menggunakan XAMPP > download Classic QR dari link source code > copy ke C atau D > Htdocs > letakkan dalam folder misalnya pustaka > masuk kefolder files > membercard > paste di folder tersebut > ekstrak di sini (extract here) >  hapus file masternya dan rename folder copynya. Selanjutnya kembali ke sistem SLiMS Bulian 9 > aktivasi model kartu > tambahkan ke dalam antrian cetak > setelan cetak kartu anggota > cetak kartu

Tanya: SLiMS yang didownload atau direkomendasikan sebaiknya yang versi berapa?

Jawab: Rekomendasi saat ini SLiMS Bulian 9.3.1 atau versi di atasnya; PHP 7.4; dapat didownload di slims.web.id

Tanya: Bagaimana jika call number (nomor panggil) belum terbaca?

Jawab: Masukkan kode item/kode eksemplar terlebih dahulu agar muncul call numbernya.

Tanya: Bagaimana cara ekspor dan impor anggota?

Jawab: Buka di folder membership > ambil folder format CSV > ekspor > csv. > simpan > edit filenya > tambahkan kembali. Bisa juga menggunakan Libra untuk ekpsor impor anggota. Bisa menggunakan libra untuk ekspor impor

Tanya: Bagaimana jika background belum ada warnanya atau warnanya tidak muncul?

Jawab: Cek kembali bacground apakah warnanya sudah diaktivasi atau belum dengan klik more setting saat akan mencetak > background graphics > centang

Tanya: Bagaimana cara untuk install SLiMS yang belum selesai?

Jawab: Silakan cek di youtube Jakarta SLiMS Community atau bisa juga menggunakan SLiMS versi portabel

Tanya: Apakah di SLiMS versi 9.2.2 sudah ada folder plugins?

Jawab: Folder plugins hanya ada di SLiMS versi 9.3 saja

Tanya: Pada title label hanya terdapat nama perpustakaan. Apakah bisa ditambahkan selain title, logo dan sub name lokasi. Kemudian, setiap waktu SLiMS selalu berkembang. Bagi yang menggunakan SLiMS versi sebelumnya, bagaimana caranya sistem tersebut masih menggunakan versi lama tapi update dengan plugin versi terbaru? Ada harapan ke depannya ada agenda sharing untuk edit plugins di SLiMS versi sebelum Bulian 9.

Jawab: Bisa berkonsultasi atau diubah sesuai permintaan melalui developer secara personal. Para developer mendukung perkembangan SLiMS dan menyarankan agar menggunakan SLiMS versi terbaru karena menunya lebih lengkap dan keamanannya lebih baik.

Sekian, sampai jumpa di sinau berikutnya!